Laman

16 Januari 2010

Apakah Anda Tahu, Mesin Photo Copy Ada Hard Disk-nya?

Anda mestinya sering melakukan penggandaan data dengan mesin Photo Copy di tempat-tempat umum. Kadang mungkin hanya data-data biasa, tapi mungkin pula data-data penting. Apakah anda tahu jika di dalam mesin photo copy terdapat hard disk?
Hard disk yang berada di dalam mesin photo copy tentunya digunkan untuk menyimpan data scanning photo copy. Hasil scanning yang dilakukan mesin photocopy disimpan dalam bentuk file gambar. Dalam perusahaan biasanya digunakan untuk proses dokumentasi. Permasalahanya, apakah perlu jasa photo copy umum juga melakukan dokumentasi data pelanggannya?

Inilah sebuah permasalahan keamanan data jika anda melakukan penggandaan data di jasa photo copy umum. Data-data anda bisa saja dicuri oleh pihak pemilik jasa photo copy. Tidak akan jadi masalah jika anda mengcopy data yang tidak begitu penting. Jika anda mengcopy sertifikat tanah, STNK, BPKB, atau data penting lainnya dan digunakan orang lain untuk kepentingan yang anda tidak ketahui, pastinya anda dapat dirugikan.
Di Yogyakarta banyak yang mencurigai beberapa jasa photo copy skripsi berbuat nakal dengan menjual copy-an skripsi ke pihak lain. Para pelanggan yang kebanyakan mahasiswa tidak sadar bahwa skripsinya di gunakan orang lain.
Yang mungkin ironis, ada pemilik mesin foto copy tidak tau kalo ada data yang tersimpan di dalam mesin photo copynya, kemudian dia menjual mesinnya ke pihak lain. Pihak lain ini yang tau adanya data yang tersimpan di mesin fotocopy mendapatkan data-data yang tersimpan di dalam hard disk mesin photo copy itu.
Mungkin dari sekarang anda harus berhati-hati jika melakukan penggandaan data melalui jasa photo copy umum. Apa lagi data-data anda yang penting dan rahasia.[http://kabarit.com]

7 komentar:

  1. wah...bagus nie..tapi aku belum pernah liat secara langsung sobat... mesin foto copy ada hard disknya..pasti canggih..
    salam kenal....

    http://didikandweta.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. info keren sekali dan sangat mencerahkan

    BalasHapus
  3. aku baru tau sekarang nih, thanks infonya

    BalasHapus
  4. wahhh berarti sobat file2 yg kita copy ntrnyA bisa di gandakan lg...pusing jg y lo ntrnya di slhgunakan ... tp keren sobat infonya

    BalasHapus
  5. tapi gak semua jasa foto copy berbuat begitu lho!

    BalasHapus
  6. saya punya mesin fhoto copy yg bisa nyimpen.. merknya canon IR 5000 dan IR 6000... tp insya allah sangat jarang terjadi pemilik fhotocopy berani berbuat yg begituan... kalo kalian emang ragu... tungguin aj pas fhotocopy... ato jangan fhotocopy dengan mesin fhotocopy canon seri IR.. buat merk laen saya ga tau... makasih

    BalasHapus
  7. Bener memang kecanggihan teknologi sekarang, FC bisa simpan data...

    untuk data-data penting sebaiknya digandakan di tempat kepecayaan anda.

    bila terpaksa menggadakan di tempat yang belum anda kenal betul, ada tips untuk berjaga2.

    perhatikan indikator FC apakah masuk mode mail box...(indikator terlihat pada bagian paling atas panel, cukup mudah terlihat dari jarak 2-3 meter) bila benar berarti data akan tersimpan...

    apabila masih cukup sulit untuk membedakan/mengawasi sebaiknya pilih Copy Center yang menggunakan mesin Analog.

    Semoga berguna

    BalasHapus